Operator Kelas dan Petugas Administrasi

Operator Kelas dan Petugas Administrasi yg belum melaksanakan Pelatihan Kurikulum 2013 :
Silahkan simak baik2.

I. PERSIAPAN TEMPAT.

1. Ruang kelas ===> disiapkan LCD proyektor, layar, sound system, kipas angin, kabel untuk disambungkan dr laptop IN ke sound system.

2. Meja ditata, 1 ruang kelas untuk 8 kelompok, per kelompok isinya 5 kursi (kalau jml peserta maks 40) tergantung jml peserta (baca panduan yg dr LPMP), untuk kelas 5, 9 kelompok.

3. Ruang sekretariat utk IN dan Ketua TPK/Kepala UPK disiapkan tersendiri, untuk Operator dan Petugas Adminidtrasi juga tersendiri (usahakan ruangan utk Op & P. Adm. yg ada komputer/Lap + printer + Wifi/modem) untuk proses pengiriman laporan file penilaian secara Online.

4. Mushola ==> diusahakan air untuk wudhu cukup

5. Kamar/WC ==> diusahakan airnya cukup

6. Tempat parkir ==> memadai/luas, harus ada petugas parkir utk mengatur dan menjaga keamanan kendaraan yg ada.

7. Menyiapkan konsumsi.
==> Meja tempat makan utk seluruh Panitia dan IN bareng
==> Meja tempat makan utk seluruh Peserta dijadikan 1 tempat dan terpisah dgn Panitia.

II. TUGAS OPERATOR DI MASING-MASING KELAS

1. MENCETAK :
==> Daftar Hadir harian setiap hari.
==> Nilai Sikap Peserta (untuk H2, 3 dan 4)
==> Nilai Ketrampilan Peserta
(jangan sekaligus 5 hr, mengantisipasi kalau ada nama peserta pengganti)

2. Tugas Operator masing2 Kelas, menginput di file penilaian, Daftar Hadir H1 - H5 (diinput per hari), menginput nilai Pree Test (Tes Awal, H1), menginput Nilai Sikap Peserta (H2, 3 dan 4), menginput Nilai Ketrampilan Peserta dan menginput nilai Post Test (Tes Akhir, H5), kemudian file penilaian dikirim secara online lewat Aplikasi Panitia 3.5.
==> Yg dikirim ke server H1 = Daftar hadir hari 1, nilai Pree Test.
==> Yg dikirim ke server H2 - H4 = Daftar hadir pagi & siang saja.
==> Yg dikirim ke server H5 = Daftar hadir H5 pagi & siang + Nilai Sikap Peserta (dr Hr ke-2, 3 dan 4) + Nilai Ketrampilan Peserta (cukup ngeprint 1 saja utk 5 hr)
Sebaiknya nilai sikap H2, 3 dan 4 (yg menilai IN, terus setor ke Operator) mipil diinput ke file penilaian, walaupan ngirim ke servernya H5 (cukup hr 2, 3, 4 saja, formatnya disiapkan/diprint dulu (buka file pencetakan masing2 kelas)

3. Membantu IN otak-atik sound system, LCD proyektor, membantu IN dan peserta yg kebingungan mbuka laptop dan ngopi file (pasti ada yg seperti itu)

III. TUGAS PETUGAS ADMINISTRASI DI MASING-MASING KELAS

1. Menerima Surat Tugas dan Foto peserta (uk. 3 x 4 = 4 lbr untuk ditempel di lembar check list) dari peserta

2. Mengedarkan Daftar Hadir untuk ditandatangani peserta setiap hari (pagi rangkap 2, siang rangkap 2)

3. Memberikan format penilaian sikap dan penilaian ketrampilan kepada IN di masing-masing kelas.

4. Mambantu mengambilkan apa saja keperluan IN ke Sekretariat

5. Membantu IN memfotocopi materi atau apa saja lah...

6. H5 ==> Mengedarkan format daftar hadir peserta kolektif dan tanda terima uang transport (masing2 rangkap 3, format ada di dalam flshdisk yg dikirim oleh LPMP 1 hr sblm pelaksanaan) sekaligus membagi amplop yg berisi duwit.

7. H5/mipil setiap hari = dibantu operator, natani berkas masing2 kelas yg mau dibawa petugas LPMP pada H5/hari itu juga, berkas diurutkan sesuai urutan yg ada di lembar check list yg dikasih LPMP. (termasuk tugas mandiri/fortofolio dr masing2 peserta yg diketik oleh peserta pakai komputer/laptop)

8. Yang dikirim ke LPMP adalah selain berkas sesuai urutan yg ada di lembar check list, juga :
a. ==> file GS di masing-masing kelas (ada 4 file per kelas) di buat jadi 1 folder
b. ==> file Tugas Kelompok di masing-masing kelas di buat jadi 1 folder
c. ==> file Tugas Mandiri per peserta di masing-masing kelas di buat jadi 1 folder
(Point a,b,c Foldernya dimasukkan lg ke dalam folder utama)
d. ==> File Dokumentasi foto (vidio) berisi proses pelatihan kurikulum 2013 (yg di foto yg ayu-ayu, yg lucu, yg ngantuk, yg bingung, Panitia, IN, dll)

Yang penting antara Operator Kelas dan Petugas Administrasinya saling kerjasama dan selalu koordinasi dengan Ketua TPK, dengan pak Maryadi-Dindik Kab. Banyumas atau dengan petugas LPMP Jateng

IV. SURAT UNDANGAN
Kami yg membuat surat undangan adalah Ketua TPK diketahui Kepala UPK, dikirim ke alamat masing-masing lewat UPK, minimal 4/5 hr sebelum pelaksanaan ===> jangan dadakan (mengingat peserta hrs menyiapkan surat tugas dr KS, foto dan keperluan lainnya.

V. KARTU PESERTA
Kartu Peserta yang ngeprint untuk semua peserta dikerjakan oleh saya semua, usahakan setiap kelas diprint berbeda warna menggunakan kertas cover berwarna (per lembar berisi 10 kartu)
Caranya (seperti yg dipelajari waktu diLPMP Semarang)

Buka Aplikasi Panitia, Klik managemen diklat, klik buka data lokal, cari file yg belakangnya ptk di GS sesuai kls yg mau dibuka, klik open, klik managemen diklat lg, pilih pembuatan master excel, pilih guru sasaran, klik buat master pencetakan klik yes dan oke, terus yg di bawahnya juga diklik saja, ikuti perintah, trus buka managemen diklat lagi, trus klik pencetakan kartu peserta per halaman. selamat mencoba, asyik kok...

KIRA-KIRA BEGITULAH SEDULURRR...
PANCEN MUMET, TAPI LANCAR, 5 HARI BROOO.... BELUM PERSIAPANNYA....
OBATEE... DISAMBI NGLIRIK PESERTA SING AYU-AYU.... HAAA... HAAA... HAAA... (JANGAN DITIRU DING, MBOK KEWALAT)

OK, GITU AJA TEMAN2, SEMOGA BERMANFAAT, SELAMAT BEKERJA SEMOGA SUKSES.