DAPODIK Tidak Hanya Untuk Kepentingan TUNJANGAN GURU

Semangat Malam Rekan-Rekan Operator DAPODIK Indonesia...!!

Mungkin Sebagian Dari Kita, Masih Kurang Peduli Dengan VALIDASI Data Pokok Pendidikan Yang Sesungguhnya.....

Masih Banyak Dari Kita, Yang Menganggap DAPODIK Itu Hanya Untuk Kepentingan TUNJANGAN GURU, Dan Tidak Lebih Dari Itu.....

3 Entitas Pokok Yang Disajikan DAPODIK (Peserta Didik, Pendidik Dan Tenaga Pendidikan, Serta Data Individu Sekolah), Merupakan DATA Yang Yang Digunakan Oleh KEMENDIKBUD Untuk Berbagai KEBIJAKAN, Diantaranya Statistik Peserta Didik, Rasio Guru, Geografis Sekolah Beserta Kondisinya. Dan Tidak Hanya Itu, DAPODIK Terdiri Dari Data TABULAR (Tabel-Tabel Data), Spasial (Ruang/Geografis) Dan CITRA (Gambar/Photo), Dimana Dari Elemen Tersebut KEMENDIKBUD Dapat Mengetahui Secara Detail KONDISI SEKOLAH Dan Elemen Terkait Didalamnya.

Hasil Penjaringan Data (DAPODIK DAS/MEN/PAUDNI), Untuk Selanjutnya Dilakukan Proses Verifikasi & Validasi (Quality Control), Guna Mendapatkan INDIKATOR DATA YANG VALID, Sebagai DASAR Pengambilan Kebijakan Dalam Sebuah PERENCANAAN PENDIDIKAN NASIONAL.

SPM (Standar Pelayanan Minimal), Telah Diatur Dalam Berbagai Peraturan, Diantaranya Jumlah Siswa Per Rombel, Jumlah Guru Per Rombel, Dan Jumlah Rombel Per Satuan Pendidikan, Tersusun Dalam STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN.

Bagaima Jika Sekolah Tidak Memenuhi STANDAR NASIONAL ?
Sementara KRITERIA Akreditasi Sebuah Sekolah, Juga Merujuk Kepada STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN...

Dan Bagaiman Jika Sebuah Sekolah Tidak TERAKREDITASI ?
Apakah Sekolah Tersebut Dapat Menyelenggarakan UJIAN NASIONAL ?

http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/vervalpp/beranda.php

Jadi Apakah DAPODIK Itu Hanya Untuk Kepentingan TUNJANGAN?
Apakah DAPODIK Itu Masih Dianggap FORMALITAS, Dimana Sama-Sama Kita Ketahui Belakangan Ini Telah Berjalan Prosedur Mengenai NISN, NPSN, DANA BOS, Serta KIP ?

Semoga Tercipta KELOMPOK KERJA DATA PENDIDIKAN (KKDATADIK), Dari Elemen PUSAT, PROVINSI, KAB/KOTA Sampai Instansi Sekolah, Yang Memiliki Pemahaman Yang Sama Dan Bekerja Sama, Untuk Menjadikan DAPODIK SATU-SATUNYA SUMBER DATA Pokok Pendidikan (Jika POLA Data Yang Sama, Untuk Apa Ada Pendataan Yang Lainnya), Yang Menyajikan KECUKUPAN DATA, Dalam Pencapaikan Sebuah Pelaporan Dalam Upaya Menyusun PERENCANAAN, Dalam Sebuah STRATEGI Mencapai LAYANAN MUTU PENDIDIKAN YANG BAIK.

Mari Berjuang Menjadikan "DATA BERKUALITAS, UNTUK DUNIA PENDIDIKAN YANG BERKELAS"

--- Salam DAPODIK Indonesia ---

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimaksih atas kunjungan anda, Silahkan Isikan komentar anda disini